Minal 'Aidin wal Faizin
Mampukah setiap tahun bertambah baik?
Sebuah tantangan bagi siapapun. Jadikan Idul fitri sebagai mement yang indah dan tepat untuk setiap kali merubah diri menjadi pribadi yang jauh lebih baik, lebih peduli, jauh dari korupsi, jauh dari iri hati dan dengki... dan tentu saja ... jauh lebih lebih berharga dimata Allah dan dan sesama.

Cara Mengubah Warna Link dan Menghilangkan Garis Bawah Link

Pada kesempatan ini Education for all akan memposting artikel tentang Cara mengubah warna link. kenapa merubah warna link di perlukan? alasannya begini, pernah saya mengunjungi beberapa blog yang mempunyai latar belakang bergambar, masalahnya yaitu warna latar belakang dengan warna link hampir sama, sehingga penglihatan kita menjadi kabur dan tidak bisa membaca tulisan link.
Sebenarnya kejadian tersebut tidak perlu terjadi, karena warna link dapat kita ubah sendiri.

Bagi sobat blogger pemula seperti saya ini yang memakai template baru, tentunya hal ini bukan masalah besar, karena fasilitas untuk merubah warna dan huruf sudah di sediakan. Lain halnya bagi sobat blogger yang memakai template klasik, untuk merubah warna link, sobat harus sedikit berkeringat karena harus merubah kode-kode yang ada pada kode template sobat.

Kode-kode yang manakah yang harus ubah?

Untuk mengubah warna link, setiap template tentunya berbeda-beda, Akan tetapi untuk gambaran saja saya ambil contoh di dalam template ada kode seperti ini :

a:link {
color:#3333FF;
text-decoration:underline;
}

a:hover {
color:#000066;
text-decoration:underline;
}

a:visited {
color:#663366;
text-decoration:underline;
}

Agar menjadi faham, akan saya uraikan :

a:link {
color:#3333FF;
text-decoration:underline;
}

kode ini mempunyai arti �> sebuah link akan berwarna biru dan bergaris bawah.

a:hover {
color:#000066;
text-decoration:underline;
}

Sebuah link apabila di sorot oleh mouse akan berubah warna menjadi biru tua dan bergaris bawah.

a:visited {
color:#663366;
text-decoration:underline;
}

Sebuah link apabila pernah di klik oleh komputer yang sama akan berwarna ungu dan bergaris bawah.

Pertanyaan selanjutnya manakah kode diatas yang menentukan warna link? jawabnya adalah kode :

color:#3333FF;

Tulisan yang dicetak merah adalah penentu warna atau di sebut juga dengan kode warna heksa, kode tersebutlah yang menentukan warna sebuah link. Bagaimana cara merubahnya? caranya tentu saja kita harus mengganti kode warna tersebut dengan kode warna yang kita inginkan. untuk mencari tau kode heksa dari warna, saya biasanya menggunakan bantuan dari program photoshop, disana telah disediakan contoh warna lengkap dengan kode heksa nya, kita tinggal memilih warna yang diinginkan kemudian secara otomatis akan di perlihatkan kode heksanya. Masih bingung? kalau masih bingung
soal warna, sobat cukup klik DISINI SAJA

Saran Education for all, apabila sobat menggunakan warna latar belakang yang terang, maka pilihlah warna link yang gelap. Sebaliknya, apabila warna latar belakang berwarna gelap, maka warna link haruslah berwarna terang.

Nah selanjutnya jika sobat ingin menghilangkan garis bawah obat perlu merubah beberapa kode yang ada pada style sheet CSS, kode tersebut biasanya seperti ini :

a:link {
color:#58a;
text-decoration:underline;
}

a:hover {
color:#c60;
text-decoration:underline;
}

a:visited {
color:#969;
text-decoration:underline;
}

Tulisan underline lah yang membuat link menjadi bergaris bawah. Apabila kita tidak menginginkan adanya garis bawah pada sebuah link, maka kita hanya cukup merubahnya dengan kata none, nanti kodenya akan menjadi seperti ini :
text-decoration:none;

Selamat Mencoba semoga bermanfaat,...
  

The Owner of Education For All Blog hanyalah seorang Blogger pemula namun bila sobat blogger mania berminat untuk melihat tutorial lainya bergaya magazine blog silahkan. Akses melalui link di bawah ini :





» Selamat Berkreasi - E F A «


1comments:

Terimakasih Atas Komentar Anda dan EFA akan segera menuju Blog anda...

NextPrev