Minal 'Aidin wal Faizin
Mampukah setiap tahun bertambah baik?
Sebuah tantangan bagi siapapun. Jadikan Idul fitri sebagai mement yang indah dan tepat untuk setiap kali merubah diri menjadi pribadi yang jauh lebih baik, lebih peduli, jauh dari korupsi, jauh dari iri hati dan dengki... dan tentu saja ... jauh lebih lebih berharga dimata Allah dan dan sesama.

Pengetahuan Template dan Elemen Pembentuknya

Pada postingan yang berjudul Pengetahuan Template dan Elemen Pembentuknya ini saya kira sangat bermnfaat sekali terutama bagi para pemula yang mau mencoba coba untuk mengutak atik template Kembali kita akan mengupas isi dalamnya blog. Saat ini kita akan mencoba memahami lebih dalam soal template, terutama apa saja yang terdapat di dalamnya sehingga kita dapat melakukan aktivitas sebagai seorang blogger. Membicarakan template tak akan lepas dari HTML (Hyper Text Markup Language).  HTML merupakan file teks murni yang dapat dibuat dengan editor teks sesuai selera (sembarang/bebas) dan dikenal sebagai web page.  Dokumen HTML umumnya berisi informasi ataupun interface aplikasi di dalam internet.
Secara sederhana dapat dikatakan, bahwa template dibangun oleh paduan/kumpulan KODE yang disebut sebagai:
  1. KODE CSS (diletakkan di bagian head).
  2. KODE HTML (di letakkan di bagian body), dan
  3. KODE berupa script yang kita kenal sebagai javascript (bisa di bagian head atau body).
Secara umum Elemen pembentuk template yang berupa dokumen HTML dinyatakan dengan tag : <html> , <head> dan <body>

Dokumen ini mempunyai dua section utama : section head dan section body
Pola dasarnya sebagai berikut :
<html>
<head>
...informasi tentang dokumen html (berisi KODE CSS)
</head>
<body>
...informasi yang ditampilkan dalam browser web (berisi KODE HTML)
</body>
</html>
Bagian yang menjadi elemen dasar sebuah template :
  1. Header atau kepala blog (yang berisi nama blog)
  2. Main (berisi halaman posting)
  3. Sidebar (umumnya berisi kategori/label, arsip, about me/identitas blogger)
  4. Footer (pengikut)
  • Meskipun gambaran secara umumnya seperti di atas, blog masih dapat dikembangkan lagi dengan cara menambah elemen baru.
  • Masing-masing blog ini mempunyai widget yang berfungsi sebagai sarana menambah gadget sehingga blog bisa dikembangkan elemen penyusunya sesuai kebutuhan blogger.
  • Penambahan gadget, disamping untuk melengkapi fasilitas layanan bagi pengguna blog, juga dapat dipergunakan sebagai alat untuk memperindah tampilan blog.
  • Penulisan setiap dokumen HTML selalu di awali dengan tag dan di akhiri dengan tag
  • Setiap penulisan dokumen dalam template biasanya selalu menggunakan tag yang berpasangan. Tag pembuka berbentuk tanda < (kurung buka) dan > (kurung tutup>, sedang tag penutup berupa tanda < (kb) dan > (kt) yang disisipi tanda / (garis miring).
 

The Owner of Education For All Blog hanyalah seorang Blogger pemula namun bila sobat blogger mania berminat untuk melihat tutorial lainya bergaya magazine blog silahkan. Akses melalui link di bawah ini :





» Selamat Berkreasi - E F A «


1comments:

  1. Baru tau saya,gimana cara mudah mencari kode tertentu,di HTML,kadang-kadang dicari satu persatu,malah ndak ketemu,ada mungkin diantara para blogger yang akan memberi tahu,info ini,terimakasih.

    ReplyDelete

Terimakasih Atas Komentar Anda dan EFA akan segera menuju Blog anda...

NextPrev